Minggu, 26 April 2015

Konfigurasi DHCP server, WEB Server, dan DNS server di Packet Tracer.

  • Konfigurasi DHCP Server

1. Langakah pertama yang harus dilakukan adalah tambahkan device komputer client, Server, dan Switch, dengan cara klik menu “End Device”, klik komputer client dan server, kemudian klik dilokasi yang diinginkan.


2. Sambungkan Komputer Client dan Server ke Switch menggunakan kabel Stright, karena berbeda device.



3. Agar mempermudah proses konfigurasi-nya, rename komputer server sesuai dengan severnya masing – masing.


4. Langkah selanjutnya yaitu, konfigurasi IP address komputer server DHCP. Dengan cara klik dua kali komputer server yang akan di konfigurasi, klik menu “Desktop”, pilih dan klik menu “IP Configuration”, lalu isikan IP address dan Subnet mask-nya.


5.  Klik menu “config”, pilih server DHCP, kemudian isikan “Pool Name”, “IP DNS Server”, “Range IP address”, dan “maksimum User yang terkoneksi dalam satu jaringan”, setelah itu klik “Add” untuk menambahkan daftar alokasi IP address yang digunakan dalam satu jaringan.


  • Konfigurasi DNS Server

1. Langkah pertama untuk mengkonfigurasi DNS server yaitu setting terlebih dahulu IP address untuk Komputer Server DNS, dengan cara klik dua kali komputer yang ditentukan untuk menjadi Komputer Server DNS, lalu klik menu “Desktop”, pilih dan klik menu “IP Configuration”, isikan IP address dan Subnet mask-nya.


2. Langkah selanjunya yaitu konfigurasi servernya, caranya klik menu “Config”, pilih dan klik server “DNS”, lalu isikan Domain Name dan IP address dari Web Server, kemudian klik “Add”.


  • Konfigurasi Web Server/HTTP

1. Dalam mengkonfigurasi Web/HTTPServer,setting terlebih dahulu IP address untuk Komputer Server Web/HTTP, dengan cara klik dua kali komputer yang ditentukan untuk menjadi Komputer Server Web/HTTP, lalu klik menu “Desktop”, pilih dan klik menu “IP Configuration”, isikan IP address, Subnet mask-nya dan DNS Severnya, guna untuk menghubungkan server WEB/HTTP dengan server DNS.


2. Langkah selanjutnya yaitu, konfigurasi servernya, klik menu “Config”, pilih dan klik menu “HTTP”, lalu pada file “index.html” dapat dirubah tulisannya, berikut konfigurasi file home page-nya.


  • Test IP DHCP Pada Komputer Client

Berikut adalah tampilan IP Address DHCP pada komputer client yang terhubung ke Komputer Server.


  • Test Akses Website Menggunakan IP Address Pada Komputer Client

Berikut adalah tampilan dalam mengkases Website yang diberikan Web Server pada komputer client menggunakan web browser.



  • Test Akses Website Menggunakan Domain Name Pada Komputer Client


Berikut adalah tampilan dalam mengkases Website yang diberikan Web Server pada komputer client dengan Dengan Domain Namenya yang diberikan oleh DNS Server.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar