Senin, 30 Maret 2015

Troubleshooting Jaringan Pada PC Thin Client (NIC Bermasalah)


Sebelum saya menjelaskan mengenai troubleshooting PC Thin Client berdaraskan pengalaman saya, saya akan menjelaskan apa itu PC Thin Client ?. PC Thin Client yaitu PC yang tidak menggunakan harddisk sebagai alat penyimpanannya, melainkan menggunakan boot rom pada NICnya. Boot rom disini merupakan alat yang berfungsi untuk booting saja, penyimpanan datanya sendiri berada langsung pada server. PC Thin Client sangat membutuhkan koneksi jaringan, agar bisa berfungsi dengan baik, oleh karena itulah koneksi jaringan sangat berperan penting bagi PC Thin Client.
Permasalahan kali ini yaitu PC Thin client Tidak bisa menyala dan berfungsi dengan baik, kemungkinan besar permasalahannya terletak pada koneksi jaringan.
Berikut langkah – langkah Troubleshooting yang saya lakukan :
  1. Cek dari kabel jaringannya, apakah kabel jaringannya bermasalah atau rusak, lihat dari pemasangan kabel pada konektor RJ-45 apakah pairs dari pada kabel UTP samapai semua ke ujung konektor RJ-45, lihat juga kondisi kabel jaringannya adakah kabel yang putus atau rusak.
  2. Cek dari Device jaringannya, ternyata PC Thin Client ini menggunakan NIC Eksternal. Kemungkinan besar permasalahan terdapat pada NIC eksternal. Lepas NIC eksternal, dan kemudian gunakan penghapus karet untuk menggosok kaki dari pada NIC, setalah NIC di gosok menggunakan penghapus karet pasang kembali NIC pada PC, dan lihat apakah PC mau booting OS, dan ternyata PC masih tidak mau booting.
  3. Karena PC tidak mau booting setalah kaki NICnya dibersihkan menggunakan penghapus, maka langkah selanjutnya coba ganti NICnya dengan NIC yang bagus untuk mengecek apakah NIC sebelumnya rusak, dan coba hidupkan kembali PC, PC Thin Client ini sudah berfungsi normal dan sudah bisa booting lagi, ternyata benar, NIC yang sebelumnya dipakai sudah rusak, jadi NIC pada PC Thin Client harus diganti dengan yang bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar