Selasa, 31 Maret 2015

Troubleshooting PC Thin Client Pentium 2 (PC tidak mau masuk atau booting ke OS)


Selain dari koneksi jaringan, PC Thin Client juga dapat bermasalah pada device jaringannya. Troubseshooting kali ini yang saya lakukan yaitu PC yang tidak mau menampilkan tampilan booting, sebelum itu OS yang digunakan untuk booting adalah SYS LINUX. Setelah dicek ternyata permasalahan bukan terdapat pada system jaringan.
Berikut troubleshootingnya :
  • Lepas memory atau RAM, karena pada PC ini terdapat 2 keping RAM, lepaskan salah satu RAMnya dan nyalakan PCnya, apakah PC mau menampilkan tampilan booting, (cabut dan pasang satu persatu RAM tersebut secara bergantian, gunakan hanya satu keping RAM pada CPU)
  • Jika PC masih tidak mau menampilkan tampilan booting, gunakan penghapus untuk menggosok kaki RAM dari karatan, kemudian pasang kembali pada PC, ternyata PC masih tetap saja tidak menampilkan tampilan booting
  • Ganti kedua keeping RAM tersebut dengan yang bagus, kemudian pasang kedua RAM yang bagus tersebut pada PC, nyalakan PC tersebut, dan hasilnya PC sudah bisa menampilkan tampilan booting.

Sebelum letak permasalannya pada RAM, PC tidak mau menyala sama sekali, permasalahannya terdapat pada POWER SUPPLY yang rusak. Solusinya, POWER SUPPLY diganti dengan POWER SUPPLY yang bagus, PC sudah bisa menyala hanya saja tidak mau manampilkan tampilan booting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar